Kampung Inggris, Bagi kamu yang ingin menuju kampung inggris namun binggung tidak tahu rutenya, berikut ini akan kami sajikan rute mudah menuju kampung inggris. Untuk menuju kampung inggris pare dari wilayah manapun kamu bisa menuju jombang dan kediri yang mengunakan transportasi darat seperti Kereta Api dan Bus, sedangkan bagi kamu yang menuju pare mengunakan transportasi Udara yakni Pesewat Terbang maka kamu bisa menuju bandara Juanda Surabaya terlebih dahulu, dari tiga tempat tersebut baru menuju kampung inggris pare, berikut ini rute lengkapnya dari stasiun dan terminal Jombang dan Kediri serta dari bandara Juanda.

DARI  KEDIRI:

1. Dari Stasiun Kediri Ke Kampung Inggris Pare.

Dari stasiun Kota Kediri, tidak ada angkutan langsung menuju ke Pare. Kamu harus naik becak terlebih dahulu ke Kantor Pos Kediri. Di luar, banyak tukang becak yang menawarkan jasanya, mereka rata-rata sudah faham kalau kamu akan ke Kampung Inggris Pare, karna banyaknya  calon peserta kursus yang baru datang yang melewati rute stasiun kediri. Tarif becak paling mahal Rp.10.000,- kamu bisa tanya dulu berapa tarifnya dan bisa juga kamu nego jika penawarannya lebih dari Rp. 10.000. Perjalanan naik becak sekitar 5 – 10 menit.

Dari kantor Pos kamu bisa naik angkot P (kode dari Angkot Pare). Tarif angkot Rp.7000, tapi ada biaya biaya tambahan untuk koper kamu. Perjalanan berkisar 1 jam. Angkot ini banyak ngetemnya.

Selain naik angkot kamu juga bisa naik bus. Ada beberapa Bus yang lewat Kampung Inggris Pare diantaranya adalah Puspa Indah tujuan Malang (bus 3/4, berwarna biru), Harapan JayaJaya Mulya, Hasti dan Surya Indah (tiga bus tersebut adalah bus besar dengan tujuan surabaya). Sama seperti angkot, bus tersebut juga sering ngetem. Jika naik bus kamu akan turun di dekat BEC dan dekat Tarif untuk naik Bus adalah Rp. 5.000.

2. Dari Terminal Kediri Ke Kampung Inggris Pare

Dari Terminal kediri ada banyak Angkot maupun bus menuju kampung inggris pare beberpa diantaranya yaitu angkot dengan kode P atau Pare, Jika naik Ankot kamu bisa turun di beberapa lembaga kursus di kampung inggris yang berada di daerah sepanjang jalan brawijaya, Tarif naik angkot adalah Rp. 7.000 dan tambahan tarif untuk koper sekitar Rp. 3.000. Sedangkan untuk Bus diantaranya adalah Puspa Indah tujuan Malang (bus 3/4, berwarna biru), Harapan JayaJaya Mulya, Hasti dan Surya Indah (tiga bus tersebut adalah bus besar dengan tujuan surabaya), semua bus yang kami sebutkan tersebut melewati Pare dan akan turun di Singgahan-Pelem (Kampung inggris bagian barat yang dekat dengan BEC), Tarif untuk Bus adalah Rp. 5.000.

DARI JOMBANG :

1. Dari Stasiun Jombang Ke Kampung Inggris Pare

Untuk menuju Kampung Ingris Pare dari stasiun Jombang kamu bisa naik becak ke lampu merah atau depan kampus AMIK Jombang (Kampus Amik pas sebelah lampu merah) Tarif sekitar Rp. 5.000, sebenarnya kamu juga bisa jalan kaki ke lampu merah ini, arahnya menuju timur stasiun, tanya pedagang disana pasti semua tahu arah menuju pare, dari lampu merah kamu naik bus besarHarapan Jaya dan Surya Indah dari arah surabaya menuju kediri dan trenggalek, tarif bus Rp. 6.000, kamu bisa turun di perempatan tulungrejo atau bilang saja turun di kampung inggris, semua kondiktur bus pasti tahu, dari perempatan tulungrejo banyak becak yang mangkal disitu, naik becak menuju kampung inggris tarifnya dalah rata-rata Rp. 10.000.

2. Dari Terminal Jombang Ke Kampung Inggris Pare

Dari terminal jombang kamu bisa naik bus besar Harapan Jaya dan Surya Indah dari arah surabaya menuju Kediri dan Tulungagung, Kamu bisa tanya ke pedagang asongan disana mana bus yang menuju Pare, tarif bus Rp. 6.000, kamu bisa turun di perempatan tulungrejo atau bilang saja turun di kampung inggris, semua kondiktur bus pasti tahu, dari perempatan tulungrejo banyak becak yang mangkal disitu, naik becak menuju kampung inggris tarifnya dalah rata-rata Rp. 10.000.

DARI BANDARA JUANDA KE KAMPUNG INGGRIS :

  1. Naik Bus Damri Bandara menuju Terminal Bungurasih Surabaya. Biaya Rp.15.000,-, Lama perjalanan sekitar 15 – 25 menit.
  2. Terminal Bungurasih. biasanya banyak calo yang mencoba menawarkan jasa mereka, kamu bilang saja mau ke kampung inggris naik Rukun Jaya. Mereka pasti bubar ketika mendengar kamu sudah memiliki tujuan yang jelas dan tahu bus apa yang harus dinaikin.
  3. Terkadang di terminal Bunguhrasih ada Porter (jasa Angkut barang) yang maksa untuk membawakan barang kamu, mereka langsung ngangkatin barang kamu. Hindari mengunakan jasa Porter karena biasanya mereka akan mengenakan tarif sekitar Rp. 50.000, Jika barang bawaan kamu cukup banyak dan memerlukan jasa Porter kamu bisa melakukan tawar-menawar tarif jasanya dulu, umumnya berkisar 10.000-20.000.
  4. Untuk masuk terminal kamu harus membayar Peron Rp.500 per orang. Untuk tahu dimana Bus Rukun Jaya Bus jurusan Pare kamu bisa bertanya pada petugal DLLAJ Terminal atau bertanya pada petugas peron juga bisa.. Busnya ukuran 3/4, berwarna biru. Naik saja. Tarifnya sekitar Rp.25.000,-. Bilang saja turun kampung inggris. Mereka tahu dan menurunkan kamu di perempatan Tulungrejo.
  5. Dari Perempatan Tulungrejo kamu naik becak menuju kampung inggris, tarif becak sekitar Rp. 10.000, kamu bisa langsung bilang ingin turun di lembaga mana, jika kamu belum ada tujuan biasanya kamu akan di turunkan di BEC/Mahesa.

 

DARI JAKARTA (bila Memilih By Kereta)

Ada tiga alternatif menuju Kampung Inggris dari Jakarta. Pertama adalah kereta Api. Pilihlah kereta api yang melewati Stasiun Kediri. Dari Jakarta, ada empat kereta yang melewati Stasiun Kediri.

Kereta Api Gajayana,kelas eksekutif,

berangkat dari Gambir jam 17.30, tiba di stasiun kediri sekitar jam 06.00 pagi. Harga tiket Rp.320.000 (weekday) dan Rp.350.000 (weekend). Kereta ini melewati jalur lintas selatan, dimulai dari Gambir – Jatinegara – Cirebon – Yogyakarta – Kediri. Bagi kamu yang beralamat di daerah tersebut, kamu bisa naik kereta ini.

Kereta Api Senja Kediri, Kelas bisnis.

Berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 15.00 dan tiba di stasiun Kediri jam. Harga Tiket Rp.160.000 (weekday) dan Rp.200.000, (weekend). Kereta ini berhenti di stasiun Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi – Cirebon – Tegal – Pekalongan – Semarang – Solo – Kediri.

Kereta Api Brantas , Kelas Ekonomi.

Berangkat dari stasiun tanah Abang pukul 15.30 dan tiba di stasiun Kediri jam . Harga tikat sangat ekonomis, hanya Rp.50.000. Kereta ini melewati Jalur Utara seperti kereta Senja Kediri. Hanya saja, akan berhenti di lebih banyak stasiun karena maklum, karena statusnya sebagai kereta Ekonomi. Durasi perjalanan 17 jam

Kereta Api MatarMaja, Kelas Ekonomi

Berankat dari Stasiun Pasar Senen pukul 14.00, tiba di stasiun kediri sekitar jam 4 pagi. Harga tiket paling murah, hanya . Sama seperti Kereta Senja Kediri dan Kereta api Brantas, kereta Matarmaja melewati Jalur Utara. Durasi perjalanan 16 jam.

DARI BANDUNG

Ada dua kereta yang berangkat dari stasiun Bandung dan Melewati Stasiun Kediri. Semua kereta yang dari Bandung melewati Jalur Selatan, yaitu bandung – Yogya – Solo Kediri. Bagi Kamu yang berdomisili di daerah tersebut, bisa menaiki kereta ini.

Kereta Api Malabar, Kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi

Berangkat dari Stasiun Besar Bandung pukul 15.30, tiba di Stasiun Kediri,sekitar jam 5 pagi. Harga tiket bervariasi, bergantung kelas. Eksekutif sekitar Rp.200.000,-, Bisnis Rp.130.000 dan ekonomi seharga Rp.60.000,-. Kereta ini melewati Stasiun Tasikmalaya – Kebumen – Yogya – Solo – Madiun Kediri.

Kereta Api Kahuripan, Kelas Ekonomi

Berangkat dari stasiun Padalarang pukul 19.30, tiba di Kediri pukul 11.30. Harga tiket sekitar Rp.35.000,-. Kereta ini melewati rute yang sama dengan kereta Malabar.

SETELAH TIBA DI STASIUN KEDIRI

Setiba di Stasiun Kediri, kamu akan keluar. Dari stasiun, tidak ada angkutan langsung menuju ke Kampung Inggris. Kamu harus naik becak terlebih dahulu ke Kantor Pos Kediri. Di luar, banyak tukang becak yang menawarkan “Kampung Ingris Pare, Kampung Inggris Pare.” Silakan pilih salah satu. Biaya maksimal adalah Rp.10.000,- . Perjalanan naik becak sekitar 5 – 10 menit.

Setiba di kantor pos, kamu bisa memilih angkutan ke pare. Yang paling ideal adalah naik angkot P (kode dari Angkot Pare). Biasanya lewat maksimal setengah jam sekali. Biaya Rp.7000, tapi akan dikenakan biaya tambahan untuk koper kamu. Perjalanan berkisar 50 menit hingga 1,5 jam.